Warning: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4429470/public_html/youth.my.id/wp-content/themes/zeen-shared-by-vestathemes-com-child/functions.php on line 73
4 Air Terjun Super Cantik di Indonesia yang Belum Begitu Terkenal. Instagramable Banget! | Youth

4 Air Terjun Super Cantik di Indonesia yang Belum Begitu Terkenal. Instagramable Banget!


Ngomongin tentang destinasi wisata di Indonesia rupanya memang nggak ada habisnya. Negara kepulauan tercinta kita ini punya banyak banget tempat-tempat yang bak surga, membuat siapapun yang mengunjunginya jadi terkagum-kagum. Beberapa di antaranya adalah destinasi air terjun. Ya, air terjun merupakan opsi favorit para pelancong lokal hingga mancanegara. Aapalagi jika tempat tersebut punya pemandangan dan komposisi alam yang menarik buat diabadikan. Jaman sekarang siapa sih yang nggak pengen berbagi pengalaman serunya.

Biasanya, semakin sulit akses untuk menuju sebuah destinasi wisata, semakin bagus pula bonus yang akan kalian dapatkan ketika sampai. Begitu juga beberapa air terjun ini, meskipun nggak begitu terkenal karena memang akses untuk menuju tempatnya sedikit susah, namun jangan didebatin lagi deh gimana pemandangannya~

1. Air terjun Mangku Sakti, surga tersembunyi di Sembalun Lombok

https://www.hipwee.com/

Air terjun mangku sakti via phinemo.com

Lombok memang tak pernah kehabisan surga wisata, air terjun Mangku Sakti ini adalah salah satunya. Terletak di desa Sajang, kecamatan Sembalun, air terjun ini masih merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Jika kalian berangkat dari pusat kota, Mataram, untuk mencapai tempat ini butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dan kolam di bawahnya dengan kedalaman 2 sampai 4 meter. Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya datang ketika musim kemarau untuk menghindari jalanan yang becek dan jangan lupa gunakan tour guide setempat agar nggak nyasar.

2. Air terjun Jumog, Karanganyar Jawa Tengah

https://www.hipwee.com/

Air terjun Jumog via travel.kompas.com

Kawasan gunung sepertinya memang nggak bisa dipisahkan dari serpihan surga lainnya. Air terjun yang terletak di Gandu, Berjo, Ngargoyaso, Kabupaten Karanganyar ini tak jauh dari area lereng gunung Lawu. Akses menuju tempat ini bisa dilakukan menggunakan kendaraan roda 2 maupun 4, namun masih perlu untuk berjalan kaki.

Advertisement

Selain menawarkan keindahan air terjun, tempat ini memiliki hutan lumut dengan deretan pohon-pohon yang besar dan rindang. Tak perly khawatir jika kalian ingin mengunjungi tempat ini karena di beberapa area menuju lokasi utama udah terdapat pos informasi dan juga penjual makanan kok.

3. Tertinggi di Jawa Timur, inilah air terjun Tretes, Jombang!

https://www.hipwee.com/

Air terjun Tretes via www.wisatabagus.net

Jika kalian bosan dengan air terjun biasa, tempat ini mungkin bisa menjadi salah satu opsi terbaiknya. Ya, air terjun Tretes yang terletak di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang ini merupakan air terjun yang paling tinggi se Jawa Timur lo!

Memiliki ketinggian sekitar 158 meter, Air Terjun Tretes saat ini dikelola oleh Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo Jawa timur. Akses untuk mencapai tempat ini memang tergolong sulit karena jauh dari pemukiman warga. Tapi buktikan sendiri deh gimana rasanya melihat sendiri air terjun yang setinggi itu, di Indonesia lagi.

4. Niagara versi mini ini bernama Curug Parigi

https://www.hipwee.com/

Curug Parigi via wedangkopiprambanan.com

Apa yang kalian pikirkan jika dengar kata Niagara? Ya, pastinya sebuah air terjun besar nan terkenal di Kanada bukan? Nah, bagi kalian yang pengen merasakan gimana indahnya Niagara tanpa harus pergi ke luar negeri, Curug Parigi adalah pilihan tepat.

Destinasi air terjun yang memiliki kemiripan dengan Niagara ini terletak di Kampung Parigi, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Namun belum dikelola secara baik, destinasi ini belum sepenuhnya memiliki akses dan fasilitas yang memadai. Meskipun begitu, kalian dapat menikmati aliran air di tempat ini sambil menunggu matahari terbenam untuk mendapatkan view yang cakep.

Berikut tadi adalah beberapa pilihan air terjun yang bisa kalian datangi untuk meluangkan waktu. Jangan lupa ceritakan juga ya jika kalian sudah berkunjung ke tempat tersebut, dan pastinya dijamin instagramable banget deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya