Warning: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4429470/public_html/youth.my.id/wp-content/themes/zeen-shared-by-vestathemes-com-child/functions.php on line 73
5 Rekomendasi Buku untukmu yang Lagi Kebingungan Tentukan Passion di Umur 20an. Cus, Kepoin! | Youth

5 Rekomendasi Buku untukmu yang Lagi Kebingungan Tentukan Passion di Umur 20an. Cus, Kepoin!


Ketika kita sedang memilih jurusan di perkuliahan atau melamar pekerjaan, biasanya kita pasti memiliki dilema  “Ini sesuai nggak ya sama passion gue?’ atau “Duh, Ini passion gue bukan ya?”. Eits, tapi tenang aja, karena kamu nggak sendirian guys, karena semua orang juga memiliki dilema yang sama tentang passion dan jalan yang akan mereka ambil kedepannya! Nah, supaya hal yang sama tidak terjadi sama kamu, ada lima rekomendasi buku yang dapat kamu baca nih untuk membantumu menemukan passionmu dan membuat pilihan yang tepat!

Tapi sebelumnya, apa sih arti dari kata passion itu sendiri? Jika kita mencari definisinya di Internet, banyak sekali definisi yang dimiliki oleh kata yang satu ini, tetapi semua memiliki arti yang kurang lebih sama, yaitu semua hal yang membuat kita merasa senang. Seseorang bisa saja memiliki passion terhadap otomotif, karena orang tersebut merasa senang dengan otomotif. Begitu juga dengan orang yang memiliki passion terhadap seni, orang-orang tersebut merasa senang ketika ia melakukan aktivitas seperti melukis atau sejenisnya.

Lalu, bagaimana kita bisa tahu apa yang sebenarnya dapat membuat kita senang? Yuk kita langsung cek rekomendasi bukunya!

1. Ikigai, The Japanese Secret to a Long and Happy Life

Ikigai merupakan sebuah kata dari Bahasa Jepang yang berarti ‘a reason for being’, sebuah konsep yang dapat membantu kita untuk menentukan tujuan hidup. Ikigai sendiri telah digunakan oleh orang Jepang untuk menentukan apa yang mereka ingin lakukan dalam hidupnya serta menemukan hal-hal yang membuat mereka memiliki hidup yang terasa ‘penuh’.

Untuk menemukan Ikigai atau tujuan hidup, terdapat empat pertanyaan yang harus ditanyakan dan direnungkan terlebih dahulu.

●      Hal apa yang kamu sukai?

Advertisement

●      Hal apa yang kamu mahiri?

●      Hal apa yang dunia butuhkan?

●      Hal apa yang bisa dijadikan profesi?

2. The Art of Work

Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi tentang Passion dan pekerjaan, buku ini dapat dijadikan sumber inspirasi lho! Dalam buku ini, Jeff bercerita tentang pengalamannya bertemu dengan beberapa orang yang mengganti pekerjaannya yang sudah dijalani selama bertahun-tahun karena mereka merasa tidak betah atau kurang puas dengan profesinya, juga orang-orang yang suka terhadap pekerjaan mereka namun tidak begitu mahir dalam melakukan pekerjaannya.

Tak hanya itu, ia juga memberikan analisis terhadap kasus-kasus yang ada dalam buku ini yang dapat memberimu wawasan baru dalam menyikapi hal-hal serupa.

Buku ini adalah buku yang wajib dibaca bagi orang-orang yang sedang menghadapi persimpangan dalam hidupnya, terutama antara passion satu dengan yang lainnya. Buku ini dapat membantu kamu menemukan jalan yang sebenarnya ingin kamu ambil.

3. 12 Rules of Life

Kalau kamu suka dengan buku yang bentuknya kutipan-kutipan keren, buku ini bisa menjadi bacaan yang menarik untukmu!

Dua belas aturan yang disajikan dalam bentuk buku oleh Jordan B. Peterson dapat menjadi jawaban untuk kamu yang sedang mencari passion nih!. Poin-poin yang terdapat dalam buku ini mendalami tentang kebiasaan sehari-hari kita dan bagaimana kebiasaan tersebut bisa berpengaruh kepada seluruh aspek kehidupan.

Contohnya, aturan keempat dalam buku ini mengatakan bahwa kita sebaiknya tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kenapa? Karena dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, kita malah bisa jadi benci sama diri sendiri lho! Lebih parahnya lagi, kita bahkan bisa secara tidak sadar mengikuti hal-hal yang dilakukan orang lain yang belum tentu merupakan passion kita hanya demi terlihat keren di mata orang lain.

Hal ini pun diakui oleh GaryVee, seorang entrepreneur juga motivator yang telah menginspirasi banyak bisnis di luar sana. Ia sering mengatakan dalam akun Instagramnya bahwa tekanan dari lingkungan sekitar membuat banyak orang mengejar dan melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak membuat mereka bahagia. Jadi, sebaiknya kita fokus kepada diri sendiri dan melakukan hal-hal yang benar-benar membuat kita , dan bukan orang lain bahagia ya teman-teman!

4. The Element: How Finding Your Passion Changes Everything

“Setiap orang hanya perlu menjadi dirinya sendiri”

Kata-kata itulah yang merupakan kunci untuk menemukan Passion yang tertimbun dari diri masing-masing.

Menurut Sir Kent, setiap orang lahir dengan imajinasi, kecerdikan, perasaan, intuisi yang luar biasa. Setiap individu memiliki keunikannya tersendiri dan memiliki cara belajar yang berbeda-beda, jadi kamu tidak perlu merasa minder atau bodoh hanya karena kamu tidak memiliki nilai yang bagus di sekolah. Ada yang mungkin suka dengan balet, dan ada juga yang suka dengan matematika. Tidak ada yang lebih ‘bagus’ atau ‘pintar’, mereka berdua sama-sama memiliki bakat, hanya saja di bidang yang berbeda.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan dalam menemukan Passion adalah menerima diri sendiri. Setelah menerima diri sendiri, kamu akan lebih mudah melihat apa yang membuatmu bahagia dan hal apa saja yang dapat kamu lakukan. Nah, kalau kalian penasaran, bagaimana sih cara kita menerima diri sendiri dan apa saja faktor yang mempengaruhi cara berpikir kita terhadap diri sendiri, yuk langsung dibaca buku ini!

5. The Happiness of Pursuit: Finding the Quest That Will Bring Purpose to Your Life

Pernah nggak sih, kalian merasa kalau tiba-tiba dunia ini lagi baik dan memberikan kalian berbagai kesempatan? Nah, menurut Chris, kita seharusnya mendengarkan panggilan itu, gengs! Contohnya nih, kamu memiliki mimpi untuk menjadi seorang penulis, tapi tiba-tiba saja kamu sadar kalau kamu bahkan belum pernah mencoba menulis artikel.

Nah, pada situasi seperti ini, pasti akan muncul keinginan untuk menulis dalam dirimu, dan kalau kamu mengikuti perasaanmu tersebut, kamu akan menjadi lebih dekat untuk mencapai mimpimu itu. Intinya, ikutilah apa kata perasaanmu tentang hal-hal yang terjadi di sekitarmu.

Dari panggilan tersebut, kamu dapat menarik sebuah benang merah dimana kamu akan menemukan tujuan yang ingin sebenarnya kamu capai. Jika kamu sudah tahu apa tujuanmu, maka kamu akan dapat lebih mudah untuk mengetahui jalan mana yang harus kamu ambil. Penasaran kan, gimana cara menarik benang merah dan memulai perjalanan untuk mencapai tujuan kita? Yuk langsung dibaca aja buku ini!

Itu dia kelima buku yang dapat membantu kamu untuk menemukan passion dan tujuan hidupmu, menarik bukan? Kalau kamu, buku apa yang telah membantu kalian untuk menemukan Passionmu? Tulis dikolom komentar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”