Warning: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4429470/public_html/youth.my.id/wp-content/themes/zeen-shared-by-vestathemes-com-child/functions.php on line 73
5 Rekomendasi Wisata Alam di Ngawi, Jawa Timur. Buat yang Mau Liburan, Cus Masukin Daftar! | Youth

5 Rekomendasi Wisata Alam di Ngawi, Jawa Timur. Buat yang Mau Liburan, Cus Masukin Daftar!


Sine merupakan sebuah desa di kecamatan yang ada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kecamatan ini kurang lebih berjarak sekitar 36 Kilometer dari Kota Ngawi ke arah barat melalui Jogorogo. Pusat kantor pemerintahannya berada di Desa Sine. Kecamatan Sine yang terletak di kaki Gunung Lawu yang dikenal memiliki banyak objek wisata nya yang indah.

Sine terkenal akan desanya yang dingin, sejuk dan terkenal akan curah hujannya yang relatif tinggi. Sine memiliki ebebrapa tempat wisata yang indah dan cocok untuk kalian yang belum pernah ke sana! Berikut beberapa tempat wisata di Sine, Ngawi, Jawa Timur:

1. Watu Jonggol Sine

Wisata yang satu ini yaitu Watu Jonggol yang lokasinya berada di lereng Gunung Lawu yang terletak di Desa Pandansari 7 Km yang tak jauh dari Kecamatan Sine. Watu sendiri dalam bahasa Jawa yang artinya batu.

Watu Jonggol ini memiliki sumber air yang merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun setinggi 45 meter yang tercurah dari tumpukan batu-batu alam yang tersusun secara unik nan indah dan mengesankan. Untuk harga tiket masuknya yang sangat murah diperkirakan hanya 5.000,- rupiah saja lho!

2. Perkebunan Teh Jamus

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar wisata kebun teh? Pasti tempat wisata di daerah perbukitan dengan suananya yang dingin, tempatnya yang terbentang luas dengan warna hijau yang mencolok. Aktivitas para pemetik di kebun teh yang khas dengan caping nya yang besar. Kebun Teh Jamus yang terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Advertisement

Walaupun hanya berupa kebun teh, akan tetapi tempat ini merupakan salah satu peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda. Belanda terkenal dengan sejarahnya yang menjajah Indonesia dalam waktu yang sangat lama ini ternyata meninggalkan jejak salah satunya Kebun Teh Jamus yang kemudian dijadikan tempat wisata yang indah ini.

arga tiket masuk per-orang hanya 8 ribu rupiah saja lho! Yaa! tepat sekali! Buat kamu traveler lovers selain berwisata ke puncak, untuk menikmati kebun teh ini kamu juga bisa berkunjung ke Kabupaten Ngawi. Bercengkerama dengan indahnya alam, merasakannya angin semilir dan hawa sejuk yang begitu memanjakan badan.

Kamu tentu akan merasa betah bersantai di tempat ini dalam waktu lama. Suasana tenang akan membuat pikiranmu menjadi rileks. Jamus Kebun Teh ini memang tempat yang sesuai bagi kamu pecinta traveler yang sedang berlibur mencari ketenangan ketika penatmu melanda dalam keseharian bekerja dan beberapa aktivitas lainnya.

3. Embung Kuniran

Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Kuniran, Ngawi, Jawa Timur merupakan sebuah danau tadah hujan yang dikelilingi banyak pepohonan pinus. Lokasinya yang berada di ketinggian memberikan suhunya yang sejuk, ketenangan dan kejernihan air yang menawarkan keteduhan spesial bagi para wisatawan.

Namun danau ini tidak diperkenankan untuk siapapun yang bereneng dan juga beberapa warga setempat juga menghimbau agar selalu berhati-hati. Karena pernah terjadi insiden tenggelamnya beberapa pengunjung akibat nekat berenang di embung kuniran ini. Akibatnya seorang meninggal di TKP karena tenggelam.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Embung Kuniran ini jangan sampai datang sendirian, ada baiknya mengajak keluarga, teman, atau dengan orang tersayang. Untuk harga tiket masuk diperkirakan hanya dua ribu sampai lima ribu rupiah lho! cukup terbilang murah meriah.

4. Benteng Van Den Bosch

Benteng ini lebih dikenal sebagai Benteng Pendem adalah sebuah benteng yang terletak di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Benteng ini memiliki luas bangunan sekitar 165 m x 80 m dengan luas tanah 15 Hektar. Benteng ini merupakan bangunan peninggalan Kolonial Belanda sejak tahun 1845 yang kini dijadikan salah satu tempat wisata di Ngawi. Lokasinya mudah dijangkau, dari Kantor Pemerintah Kabupaten Ngawi kurang lebih 1 Kilometer ke arah timur laut. 

Letak benteng ini sangat strategis karena berada di antara sudut pertemuan sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun. Benteng ini dulu sengaja dibuat dengan datarannya yang lebih rendah dari tanah sekitar yang dikelilingi oleh tanah tinggi sehingga terlihat dari luar terpendam. Untuk harga tiket masuk hanya 5 ribu rupiah saja lho! dan dikenai tambahan biaya parkir 3 ribu rupiah.

5. Air Terjun Pengantin

Air terjun ini berada di Kecamatan Ngrambe dengan menawarkan pemandangan yang berbeda. Kawasannya benar-benar sangat alami dengan nuansanya yang sejuk dan nyaman. Kamu bisa mendengar gemercik suara delirnya air yang seolah mengajakmu bicara. Kamu juga bisa berenang dan mandi di bawah air terjun serta menikmati suasana hutan di sekitarnya air terjun ini. Air terjun pengantin ini berasal dari sumber yang berbeda-beda, yang satu dari sungai lahar Gunung Lawu, sedangkan yang lain dari sumber mata air setempat.

Objek wisata yang baru diresmikan tujuh tahun silam oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi ini sangat membantu perekonomian warga setempat. Apalagi dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan pada jumlah wisatawan yang berkunjung. Untuk harga tiket masuk hanya enam ribu rupiah saja itupun sudah termasuk biaya parkir. Disini juga disediakan tempat untuk menginap dengan harga yang relatif murah mulai dari 30 ribu rupiah lho!

Nahh itu dia beberapa tempat wisata di Kecamatan Sine, Ngawi, Jawa Timur yang tempatnya masih belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan luar daerah. Buat kamu yang belum pernah ke sana yuk buruan! Harga tiketnya yang murah meriah serta tempatnya yang sejuk, dingin sangat pas untuk musim liburan saat ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”