Warning: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4429470/public_html/youth.my.id/wp-content/themes/zeen-shared-by-vestathemes-com-child/functions.php on line 73
Diketawain Karena 'Terompet Sangkakala', Jurnalis ini Beri Klarifikasi. Bikin Meme itu Jangan Ngasal! | Youth

Diketawain Karena ‘Terompet Sangkakala’, Jurnalis ini Beri Klarifikasi. Bikin Meme itu Jangan Ngasal!


Featured Image

Beberapa hari yang lalu, potongan laporan berita yang disiarkan di CNN mendadak jadi meme. Orang-orang tertawa saat sang reporter bilang bahwa prosesi pemakaman B. J. Habibie akan dilanjutkan dengan peniupan terompet ‘sangkakala’.

Bagi umat Muslim terompet Sangkakala memang merujuk pada hari kiamat, di mana malaikat Israfil bakal meniupkan terompet ini untuk menandai akhir zaman. Makanya, banyak banget yang ketawa dan merasa reporter ini kurang persiapan dan kepeleset saat ngomongin terompet. Padahal, nggak gitu, Guys. Selengkapnya simak deh di Hipwee Hiburan.

Setelah candaan yang diunggah Arie K. Untung ramai, rekan jurnalis CNN yang sempat dijadikan bahan candaan beri klarifikasi

Komedian dan seleb Arie K. Untung sempat mengunggah video yang memperlihatkan seorang reporter menyebutkan tentang terompet ‘sangkakala’. Video itu lalu jadi meme dan candaan lalu di-repost oleh banyak akun guyonan. Sayangnya, aslinya itu bukan bercandaan, Bro. Mungkin yang merasa itu lucu nggak tahu kalau dalam militer memang ada terompet yang namanya sangkakala.

Istilah terompet sangkakala itu bukan hanya di agama Islam. Dalam kemiliteran memang ada terompet yang disebut sangkakala, di KBBI juga ada, Cuy~

https://www.hipwee.com/

Pemakaman ala militer selalu ada peniupan sangkakala. via www.stripes.com

Disebut ‘sangkakala’ itu karena nama terompetnya sangka dan ditiup secara berkala. Nah, nggak cuma soal kiamat dalam konsep agama Islam dong. Sangkakala bukanlah istilah saklek yang nggak bisa dibahasakan kok. Dalam KBBI, sangkakala adalah terompet yang biasanya terbuat dari kulit kerang atau bahan lainnya kemudian ditiup secara berkala. Biasanya terompet ini juga buat menandakan apel pagi, makan siang, dan kegiatan militer lainnya.

Meski konteksnya buat bercanda, harusnya kita lebih jeli sama hal-hal basic kayak gini. Masalahnya, kredibilitas jurnalis dan nama baik kantor beritanya dipertaruhkan, kalau salah ngomong bisa kena ciduk juga~

https://www.hipwee.com/

Permintaan maaf Arie K. Untung. via twitter.com

Advertisement

Untuk kasus ini, tim RACI (Rights and Clearance) CNN sudah menghubungi pihak Arie K. Untung dan meminta konten bercandaan itu untuk diturunkan. Kasihan juga mas-mas jurnalisnya udah kena bully dan dijadikan meme sama seluruh Indonesia atas pernyataannya yang sama sekali nggak salah dan nggak ‘lucu’. Kalau hal ini terlanjur berakibat fatal sama nama baik kantor berita terkait, pembuat meme pun bisa dibawa ke jalur hukum karena memang ada aturannya.

Itulah kenapa meski hidup kita harus dibawa santai dan sambil ketawa, kita nggak boleh seenaknya aja. Tiap tindakan dan unggahan dari kita bisa jadi sebuah tamparan besar bagi pihak lain. Kalau kitanya yang salah, guyonan justru berubah jadi bumerang. Semoga masalah ini bikin kita banyak belajar dan semoga masalah antara jurnalis CNN dengan Arie K. Untung cepat kelar, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya