Warning: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4429470/public_html/youth.my.id/wp-content/themes/zeen-shared-by-vestathemes-com-child/functions.php on line 73
Melihat Dunia Politik dari 10 Film Tentang Presiden Ini | Youth

Melihat Dunia Politik dari 10 Film Tentang Presiden Ini


Seorang pemimpin selalu punya sesuatu yang membuat orang-orang kagum. Entah itu karena sosoknya yang karimatik, kebijaksanaannya, atau ketegasannya. Seorang Presiden termasuk salah satu pemimpin yang diidolakan banyak orang. Di negara manapun, seorang Presiden pasti mengemban harapan rakyatnya.

Biasanya kita melihat sosok Presiden di berita, atau wawancara televisi. Namun, bagaimana kalau kita melihat sosok presiden di dalam sebuah film? Meskipun ceritanya fiksi, namun film tentang presiden bisa menggambarkan dunia politik dengan cara yang unik. Inilah 10 film tentang Presiden yang bisa jadi pilihan.

1. Lincoln [2012]

Lincoln [2012] (Copy)

Sebagai seorang Presiden, Lincoln dikenal karena wibawa dan karakter kepemimpinannya. Namanya sering disebut-sebut sebagai salah satu Presiden Amerika terbaik yang pernah ada. Ketenangan dalam memperjuangkan cita-citanya akan kebebasan, penghapusan perbudakan dan diskriminasi adalah salah satu peninggalannya yang paling diingat.

Film Lincoln yang disutradarai oleh Steven Spielberg menceritakan bagaimana perjuangan Lincoln sebagai presiden Amerika. Dari mulai keinginannya untuk mengamandemen aturan ketenagakerjaan sampai bagaimana dia melakukan negosiasi politik dengan tokoh-tokoh penting di negaranya.

2. Nixon [1995]

Nixon [1995] (Copy)

Nixon selain sering dianggap sebagai salah satu biang kematian JFK. Dia juga dikenal dengan skandal-skandal lain yang menyudutkannya. Salah satu yang paling terkenal dan paling dahsyat dalam sejarah negeri Paman Sam tersebut adalah Watergate yang berujung pada pengunduran dirinya sebagai Presiden di periode keduanya yang hanya berusia 1,5 tahun.

Oliver Stone yang menjadi sutradara film Nixon, kembali membuat film biografi dari orang penting. Pemilihan Nixon mungkin bukan pilihan yang bisa menyenangkan banyak pihak, tapi sisi positif Nixon juga ditampilkan di film ini. Film ini mencoba menampilkan sisi lain yang biasanya luput dari publik.

3. The Ides of March [2011]

The Ides of March [2011] (Copy)

Berbicara soal Presiden sudah pasti berhubungan erat dengan mekanisme yang mengangkatnya pada posisi itu yaitu Pemilihan Umum atau Pemilu. Pesan yang ingin disampaikan pada film ini adalah bagaimana dinamika politik berjalan, termasuk cara-cara yang kotor yang kerap terjadi di dunia politik.

Film ini menceritakan tentang pertarungan dua calon Presiden dari partai yang sama yaitu Demokrat. Gubernur Pennsylvania harus bersaing dengan Senator Arkansas. Masing-masing calon mempunyai tim kampanye pemenangan, pertarungan dua calon itu juga berdampak pada anggota tim kampanye pemenangan tersebut. Cocok buat yang suka menyimak serunya dunia politik.

4. The Contender (2000)

The Contender (2000) (Copy)

Perebutan kursi untuk posisi penting menyajikan persaingan panas. Termasuk posisi wakil presiden. Begitu yang kira-kira ingin ditampilkan dalam film The Contender. Meninggalnya sang wakil mengharuskan presiden untuk memilih wakilnya yang baru. Pemilihan seorang senator perempuan bernama Laine Hanson membuat lawan politiknya menggunakan cara kotor untuk menyikapi itu.

The Contender merupakan salah satu film yang mempertontonkan bagaimana politik bisa menjadi sangat kejam dalam pertarungannya. Walaupun dirilis nyaris dua dekade lalu tapi rasanya film ini masih relevan untuk disaksikan saat ini. Terlebih dengan banyaknya hoax yang merajalela di media sosial.

5. All The President’s Men [1976]

All The President's Men [1976] (Copy)

Lagi-lagi sebuah film tentang Nixon. Jika sebelumnya biografinya dibahas dalam film berjudul sama dengan nama akhirnya, All The President’s Men lebih berfokus pada kasus yang membuatnya mengundurkan diri yaitu Watergate.

Spionase, pencurian dan penyadapan adalah hal yang sangat ditentang di negara maju seperti Amerika. Semua kejahatan tersebut dituduhkan pada pemerintahan Amerika pada saat itu demi menyabotase saingan Nixon dalam perebutan kursi Presiden. Woodwart dan Berstein, dua orang jurnalis mencoba membuka tabir tersebut pada publik namun menghadapi berbagai masalah.

6. Elvis & Nixon [2016]

Elvis & Nixon [2016] (Copy)

 Walaupun Nixon dianggap sebagai salah satu Presiden terburuk di Amerika namun ada kejadian unik yang membuka mata kita pada sisi positifnya. Kejadian tersebut kemudian diabadikan dalam sebuah foto yang kemudian menjadi barang langka yang dicari-cari. Foto tersebut mengabadikan momen Nixon dengan salah satu ikon Amerika, Elvis Presley.

Sang raja Rock ‘n’ Roll merasa terganggu dengan budaya hippies yang berhubungan erat dengan obat-obatan terlarang. Dia pun mengajukan diri kepada Nixon untuk menyumpahnya sebagai agen rahasia di Biro Narkotika dan Obat Berbahaya. Walaupun terkesan begitu serius, sebetulnya Elvis & Nixon adalah film bergenre komedi. Film ini termasuk tontonan ringan dengan tema unik.

7. Barry [2016]

Barry [2016] (Copy)

Siapa yang nggak kenal Barrack Obama? Obama juga dikenal karena pernah tinggal di Indonesia. Bukan cuma itu terpilihnya Obama sebagai Presiden juga menjadikan Obama sebagai orang ketutunan Afrika-Amerika pertama yang menjadi presiden. Sebuah kabar baik, terutama untuk orang Afrika-Amerika yang pernah mengalami diskriminasi.

Barry mencoba bercerita jauh sebelum Obama menjadi orang nomor satu di negara Paman Sam. Mengungkap bagaimana Obama selama berkuliah di Columbia University, bagaimana dia harus tidur di jalanan serta apa yang menjadi titik tolaknya menyukai politik padahal dia sebelumnya begitu menyukai dunia seni. Film ini menyajikan proses yang nggak biasa, sangat menginspirasi.

8. Thirteen Days [2000]

Thirteen Days [2000] (Copy)

Kalau ingin melihat bagaimana kejeniusan seorang John F. Kennedy, maka Thirteen Days adalah jawabannya. Dia harus mengakhiri ketegangan krisis rudal di Kuba yang melibatkan Rusia. Dari hasil analisis dia menerima informasi bahwa persenjataan itu akan memicu perang dunia. Selama 13 hari, JFK harus menemukan cara biar nggak terjadi peperangan.

Thirteen Days dibintangi Kevin Costner dan Bruce Greenwood. Mengambil cerita dari kisah nyata di tahun 1962, film ini bisa dijadikan acuan bagi penonton yang menyukai politik karena mengajarkan tentang bagaimana mengambil keputusan dalam waktu yang singkat dengan meminimalisir resiko setinggi mungkin.

9. Primary Colors [1998]

Primary Colors [1998] (Copy)

Film ini menceritakan bagaimana Jack Stanton merekrut orang-orang dengan kemampuan berbeda-beda untuk mendukungnya memenangkan pencalonan dari Partai Demokrat. Dia berangkat ke arena debat dengan meyakinkan berkat kinerja tim di belakangnya. Namun masalah timbul ketika media membuka masa lalunya serta kehidupan pribadinya.

John Travolta, Emma Thompson dan Billy Bob Thornton menjadi bintang utama di film ini. Dengan bergenre komedi, banyak yang menganggap bahwa kejadian di film ini begitu akurat dengan kisah nyata. Peran John Travolta sebagai Jack Stanton juga dianggap sebagai sebuah candaan terhadap mantan Presiden Amerika, Bill Clinton.

10. Dave [1993]

Dave [1993] (Copy)

Bob Alexander yang bekerja sebagai pemimpin keamanan Gedung Putih dan Alan Reed yang bekerja sebagai juru bicara presiden mengangkat Dave sebagai tiruan Presiden Amerika. Dave mengawali pekerjaannya dengan muncul di sebuah hotel yang ia kira untuk tujuan keamanan negara padahal untuk menutupi perselingkuhan sang Presiden dengan salah satu staf Gedung Putih.

Dengan kondisi keamanan sang Presiden yang menurun, Dave ditugaskan kembali untuk menggantikan posisi Presiden. Namun Dave yang diberikan kewenangan besar justru harus berurusan dengan skandal yang lain.

Dave bergenre komedi yang membahas masalah politik. Sebagai film yang berani menggunakan kehidupan politik sebagai bahan guyonan, Dave banyak dipuji orang-orang dengan alurnya yang tidak mudah ditebak. Selain itu film ini dianggap orang-orang sebagai ramalan akan perselingkuhan Clinton dan Lewinski yang terungkap beberapa tahun kemudian.

Film-film di atas cocok buat kamu yang ingin melihat dunia politik dari sisi yang berbeda. Bukan sisi yang biasanya diperlihatkan di dalam berita. Di dalam film, ceritanya lebih mendalam dan lebih ringan untuk dicerna. Kalau kamu mau menambahkan film lain, kolom komentar sudah disediakan, ya!