Warning: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4429470/public_html/youth.my.id/wp-content/themes/zeen-shared-by-vestathemes-com-child/functions.php on line 73
Nggak Apa-apa Baru Jadi Anak Buahnya Atasan, Toh 5 Hal Ini Bisa Buatmu Berkembang | Youth

Nggak Apa-apa Baru Jadi Anak Buahnya Atasan, Toh 5 Hal Ini Bisa Buatmu Berkembang


Menjadi seorang karyawan mungkin bukanlah cita-cita yang kamu harapkan, apalagi jika teman-temanmu sudah bisa berbisnis secara mandiri tanpa bekerja dibawah telunjuk atasan. Bertahun-tahun berhadapan dengan kerjaan yang itu-itu saja, tanpa ada aktivitas baru yang membuatmu bisa menghasilkan berkembang dan menghasilkan karya.

Belum lagi jika kamu mengorbankan passion dan hobby kamu dengan berbagai alasan tuntutan finansial ataupun gengsi menghadapi calon mertua yang mengsyaratkan kamu harus menjadi karyawan salah satu perusahaan ternama. Misal saja menjadi seorang PNS atau karyawan swasta, yang mana kerjaan itu tidak melibatkan kesukaan kamu. Mungkin benar itu adalah jaminan masa tua, tapi apakah kamu bahagia, bisa mengembangkan diri dan banyak mengerjakan hal-hal yang kamu sukai didalamnya.

Lima hal ini tetap bisa membuatmu berkembang jika kamu bisa melakukannya. Nggak apa-apa jadi karyawan setiap orang punya peluang kok.

1. Ketahui pola jenjang karir karyawan

Kamu perlu banyak cari tahu, mengenai jabatan yang kamu emban saat ini. Berbicara soal jenjang karir ini merupakan tangga kesuksesan kamu untuk bisa berkembang sebagai karyawan. Seringkali alasan pertama melamar pekerjaan, kita tidak mencari tahu bagaimana jenjang karir posisi jabatan yang kita lamar.

Bisa saja dengan kompetensi yang kamu penuhi baik sebagai persyaratan kerja maupun dari yang kamu dapatkan selama bekerja, itu bisa mengantarkan kamu naik ke level jabatan yang lebih atas.

Dengan kamu mengetahui pola jenjang karir ini kamu bisa merencanakan kesuksesan kamu menjadi karyawan di perusahaan yang kamu tempati tersebut.

2. Penuhi prestasi penilaian kinerja

Advertisement

Salah satu tantangan yang harus kamu selesaikan ketika menjadi karyawan adalah kamu bisa mencapai prestasi kerja sebagai dasar penilaian kinerja kamu. Tentu selain kemampuan kamu terasah, kamu juga pasti secara tidak langsung akan berkembang dalam mengemban jabatan kamu saat ini.

Jika kamu hanya mencapai batas rata-rata saja tidak heran perusahaan melalui atasan-atasan kamu tidak akan melirik kamu sebagai karyawan yang berprestasi. Tentu itu akan membuatmu sulit berkembang dan berada pada zona nyaman yang bahkan kamu akan bosan melakukan pekerjaan yang sama setiap tahunnya.

3. Pecahkan masalah di perusahaan, dimulai dari lini jabatan yang kamu emban

Ada beberapa hal yang seringkali keluar dari SOP yang kamu miliki sebagai seorang karyawan. Begitupun kehadiran masalah yang di luar dugaan dan pengaruhnya bahkan bisa sangat fatal terhadap status pekerjaanmu.

Di sinilah kamu harus buktikan bahwa sebagai karyawan kamu juga mampu berkembang dengan memecahkan persoalan ataupun masalah dilini jabatanmu. Abaikan saja apa kata orang, bukan kamu ingin show off, tapi ini merupakan kesempatan kamu untuk membuktikan kemampuanmu. Tentunya ini juga menjadi tanggung jawab kamu sebagai karyawan dan integritasmu terhadap perusahaan.

4. Sukses dalam teamwork adalah ciri kamu bisa menjadi seorang leader

Kadangkala kita mendapat tugas yang harus melibatkan kinerja tim, dalam hal ini seorang karyawan yang harus bekerjasama menyelesaikan pekerjaan. Kamu harus ikut berkontribusi dalam kesuksesan tim. Semakin kamu bisa memberikan yang terbaik untuk tim, tentu tim yang kamu ada didalamnya inipun akan sangat berpengaruh terhadap target pencapaian perusahaan.

Apalagi jika kamu bisa berperan sebagai leader dalam tim tersebut, tentu kamu akan layak dipertimbangkan untuk menjadi seorang pemimpin (atasan) diperusahaan tempatmu bekerja.

5. Gunakan waktu libur untuk melakukan aktivitas produktif

Jangan pulang kerja langsung tidur, apalagi taunya hanya lokasi perusahaan dan kos kosan. Kan sayang banget waktu kamu, memang sih ada hak kamu untuk istirahat. Tapi apa salahnya jika waktu libur kamu sempatkan untuk melakukan aktivitas positif dan produkti untuk menambah wawasan kamu di luar sana.

Kamu bisa mengikuti club olahraga kesukaan kamu, ataupun bergabung dengan komunitas yang berpeluang menghubungkan kamu dengan beragam masyarakat luar. Jadi waktu kamu tidak hanya dihabiskan untuk bekerja, dengan mencari dan memanfaatkan waktu libur kamu memiliki peluang dan jaringan untuk mendukungmu bisa berkembang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”